Pembangkit Biomassa Beroperasi, Pasokan Listrik Kalbar Tambah 10 MW

0
225

Pasokan listrik ke wilayah Kalimantan Barat bertambah dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Terbarukan Biomassa (PLTBm) milik PT PT Rezeki Perkasa Sejahtera Lestari sebesar 10 Megawatt (MW), di Wajok Hulu, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan Machnizon mengatakan, setelah proses pembangunannya dimulai pada Desember 2016, akhirnya pembangkit milik swasta ini memasok listrik sebesar 10 Mega Watt (MW) atau sebesar 74 juta kilo watt hour (kWh) per tahun ke Sistem Kelistrikan Khatulistiwa.

PLN sendiri telah menyiapkan jaringan untuk menyalurkan listrik dari PLTBm ini ke Sistem Khatulistiwa dengan membangun jaringan listrik tegangan menengah (JTM) 20 kilo volt (kv) sepanjang 5,65 kilo meter sirkit (kms) menuju titik interkoneksi di Gardu Induk (GI) Siantan.

“Langkah ini sebagai komitmen kami dalam mendukung program pemerintah dan menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan,” kata Machnizon, di Jakarta, Kamis (28/2/2018).

Pengembangan energi baru terbarukan menjadi salah satu prioritas PLN, terutama di regional Kalimantan untuk menggantikan pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak atau diesel.

“Saat ini di wilayah Kalimantan Barat, presentase pembangkit yang masih menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya masih sebesar 44 persen. Pemerintah melalui PLN terus berkomitmen dalam mengejar target bauran energi baru terbarukan (EBT) 23 persen di tahun 2025,” paparnya

Selain mengedepankan pemerataan kelistrikan untuk daerah-daerah yang belum mendapatkan akses energi listrik, PLN juga mengupayakan listrik dengan tarif yang terjangkau, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkahnya dengan bekerjasama dengan Independent Power Producer (IPP) pengembang EBT.

“Dengan beroperasinya pembangkit listrik biomassa ini biaya pokok penyediaan (BPP) energi listrik di wilayah Kalimantan Barat akan turun. Kami sangat mendukung para pengembang untuk membangun pembangkit listrik dengan green energy seperti ini,” tambahnya.